Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Selasa, 20 Mei 2008

Mengenal Time Frame...part I

Time Frame , adalah kerangka dalam menganalisa market berdasarkan satuan waktu dan jika kita berdasarkan MT4 maka kita akan menemukan tf 1m , 5m, 15m, 30m, 1h, 4h , 1d , 1w dan 1mn. Dan sekarang sudah ada tf coverter yang bisa membantu kita membuat analisa berdasarkan time frame tertentu misalkan 2h,3h,8h dsb yang mana tf tsb tidak ada atau bukan hal standart di metatrade-4.tepuktangan

Time Frame yang digunakan oleh seorang trader akan secara otomatis membentuk kerangka berpikir sang trader itu sendiri misalkan saja kita mengamati trend di tf 15. Bisa jadi trend yang terbentuk di tf 15 tersebut hanyalah posisi sideway/chanel di tf 4h apalagi di tf yg lebih tinggi....
Time frame sangat membantu kita dalam menganalisa namun hal tsb tidak berdiri sendiri dimana tf yang lebih besar dibangun oleh tf yang lebih kecil dan dibentuk secara berurutan dan turunan.

Seorang trader yang baik paham bahwa dia tidak bisa memvonish kondisi market hanya dalam analisa 1 time frame namun dia juga memahami bahwa time frame tersebut terikat oleh time frame yang lebih besar. Dimana jika di tf 1d terjadi trend maka potensi-potensi yang ada di tf yang lebih kecil tersebut cenderung selaras dengan apa yang terjadi di tf 1d tsb.
Oleh sebab itu dia akan membolak balik chart di tiap time frame dan menganalisa secara menyeluruh untuk menemukan pola entry yang tepat beserta penentuan target serta resiko yang akan ditanggungnya.
bola

Time Frame 1 minute...
Disini terjadinya real war antara bear vs bull , uptrender vs dwtrender...tinju
tick movement bergerak cepat dan saling menekan untuk menang dan kadang terlihat melompat lompat sehingga bentuk chart tidak jelas dan terarah.
Kadang kegilaan terjadi di tf 1m ini dimana ketika news direlease maka harga dalam hitungan detik langsung menjulang tinggi atau terperosok mendalam.tembak
Meski jarang yang memanfaatkan tf 1m ini namun bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan sebab banyak para scalper memanfaatkan moment di tf 1m terlebih mereka pelaku bar hunting... mereka tidak perduli trend atau tidak baginya jika harga melewati keatas moving average maka itu adalah saat terbaik untuk buy atau average buy dan jika dibawah maka mereka sell.

Time Frame 5 minute...
Disini scalper lebih banyak yang bermain dibanding tf 1m begitu juga aku pribadi :D dimana tf 5m ( kadang juga tf 15m ) menjadi favoriteku ketika kondisi pasar sepi atau sideway seperti asian open sampai menjelang euro-london open.
Dibanding tf 1m maka tf 5m lebih memiliki bentuk yang menarik bagi chart patterner sebab gap disana mulai diminimalisir sehingga tarikan garis menjadi lebih mudah dan menyambung.intel

Time frame 1m, 5m , 15m dan 1h banyak digunakan oleh pemain intraday dimana frame yang diberikan adalah pergerakan harga dalam satuan waktu/jam bukan hari dan ini berbeda dengan tf 4h keatas yang lebih cenderung dimanfaatkan oleh pemain middle dan longterm sebab time frame 4h memberikan info pergerakan harga dalam hitungan hari atau dalam satu minggu bahkan mingguan/lebih dari 1 minggu.

Bagaimana dengan analisa anda?baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar