Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Minggu, 11 Mei 2008

Akhirnya datang juga...!!!

He5x itu bukan judul acara disalah satu stasiun tv melainkan itu pernyataan bagi diriku sendiri yang setelah sekian lama bergelut di forex dan menghindarkan diri dari tulis-menulis apa yang selama ini aku pelajari seperti yang telah dilakukan teman-teman trader yang lain.

Apapun itu... hanya masalah mau belajar dan pengalaman!!
Sewaktu aku SD dulu punya seseorang yang aku jadikan figur dalam masalah belajar dan kebetulan beliau masih kuliah di kedokteran di undip semarang dan sekarang menjadi dokter kandungan yang cukup terkenal di semarang.

Beliau semasa kuliahnya , aku melihat beliau adalah seorang kutu buku dan jarang bergaul dengan orang lain dalam artian dia lebih senang dirumah belajar dan belajar. Dan kebetulan beliau adalah teman kakakku serta tetanggaan rumah jadi aku sering kali ke rumahnya dan kekamar tempat dia belajar.
Mungkin karena gak ada teman maka beliau sering mengajak aku ke rumahnya untuk sekedar menemaninya belajar dan aku sih waktu itu ok-ok aja sebab dirumahnya banyak makanan he5x.

Beliau seringkali mengajakku jalan-jalan ke tempat buku loak dan hampir setiap minggu kami jalan jalan ke pasar loak dan ada aja buku-buku tebal yang dibelinya , setelah muter-muter di pasar buku loak dengan honda jadul 76nya aku diajak makan soto favoritenya dijalan MH.Tamrin semarang.

Kebiasaan itu lama kelamaan menulariku sehingga aku menjadi sosok yang suka membaca dan belajar , namun sialnya waktu itu untuk membeli buku adalah suatu hal yang istimewa dan kebetulan ortuku bukanlah orang berduit. Namun aku tidak kehilangan akal , dengan modal duit yang cukup buat ongkos aku menuju ke pasar loak sendiri atau ketoko buku untuk sekedar baca-baca.

Dan kebiasaan ini ternyata membawa hal yang positif bagiku dimana aku menjadi seorang pribadi yang senang untuk belajar dan jika aku benar-benar menyukai sesuatu maka aku akan kejar sesuatu itu dan aku akan kemana saja untuk memahaminya.

Ada satu hal yang jadi prinsip pak dokter yang sampai sekarang senantiasa aku pakai dan aku turunkan ke anak-anak dan istriku yaitu "belajarlah seperti bayi".
Ya , belajarlah seperti bayi.... meski bayi itu lemah dan penuh ketidakberdayaan namun mereka sesungguhnya mereka pembelajar yang tangguh. Dari waktu ke waktu dia berkembang dan etrus berkembang sampai akhirnya menjadi pribadi yang bukan bayi dan melepas semua semangat belajar yang dimilikinya sewaktu bayi.
Otak manusia memiliki 4 pintu yaitu ;
1. Lobus oksipital ( penglihatan )
2. Lobus temporal ( pendengaran )
3. Lobus parital ( perasaan )
4. Lobus frontal ( penggerak )

Dengan ke 4 lobus tersebutlah bayi belajar hingga menjadi dewasa dan proses pembelajaran bayi itu memiliki 4 tahap antara lain ;
1. Mengenal
2. Berinteraksi
3. Menguasai
4. Berkreasi

Hal ini jualah yang aku lakukan dalam dunia forex sesuatu yang telah aku dengar berpuluh tahun yang lalu. Mendengar dan sering mendengar membuatku tumbuh keingintahuan ( Courisity ) sebagai sifat dasar manusia , keinginan itu semakin tumbuh dan tumbuh sehingga aku mulai mencari apa itu forex ?
Aku tidak lagi sekedar mendengar namun aku mulai membaca dan bertanya apa itu forex hingga akhirnya aku mulai berinteraksi dengan apa yang dinamakan forex ( foreigh exchange atau pertukaran mata uang ).
Perjalananku mengenal , mengantarku ke puluhan forum , ribuan ebook dan video serta teman-teman tercinta yang senantiasa berkenan membantu padahal kami tidak pernah bertemu ( inilah salah satu anugerah dari internet ).

Dan interaksi itu membuatku semakin mendalam melihat apa itu forex! Silih berganti indikator aku bongkar pasang dan silih berganti pula trading system aku pelajari dan mencobanya di demo version.

Sampai akhirnya kau menganggap bahwa pengetahuanku sudah mencapai20% tentang forex maka aku mulai trading real.Tentu teman-teman kaget kenapa baru 20% aku sudah berani trading real???
Aku melihat dan berpendapat bahwa forex adalah sebuah dunia dan butuh 2 taon untuk memahami lebih baik dan itupun hanya 20% dari apa itu forex . Sebab aku selama itu hanya mengenal retail trader sedangkan institusional serta hedge fund trader aku tidka kenal padahal merekalah market mover maka saya kira dengan memahami hampir sebagian besar Teknik Analis dan beberapa pemahaman fundamental hanyalah 20% dari apa itu forex.

Sekarang setelah lama berinteraksi , aku mulai mengalami peningkatan pemahaman apa itu forex dan bisa dibanggakan sudah tidak 20% lagi melainkan 30% huhahahhahaaa.....
Alasannya masih serupa namun tak sama , jika dulu karena aku tidak mendapatkan informasi dari kalangan market mover maka sekarang aku punya itupun cuma 1 orang.qqqqq

Aku mulai berkreasi dengan menggambarkan beberapa tools yang sesuai dengan persepsiku tentang forex. Dengan kebaikan teman-temanku aku memberikan warna kepada system tradingku sendiri meski bisa dikatakan aku tidak memiliki system trading sebab aku tidak menggunakan indikator apapun sebagai system trading.

Aku lebih menyukai trading naked , melihat apa adanya sebuah market ... just let's the market tell who they are.

Dan sekarang entah kenapa aku berkenan hati menulisnya di blog gratisan ini.....

1 komentar:

Fuluuus takla mengatakan...

Salam mas...baru ketemu blog yg bagus sebegini. Salam perkenalan dari newbie fx.

Posting Komentar