Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Senin, 09 Maret 2009

PREPARE FOR THE WORST

Percayalah , the worst time senantiasa akan muncul dalam market!! Pengalaman berkali-kali terjebak dalam situasi yang mematahkan semangat memicuku untuk membuka mata dan menyadari bahwa situasi tersebut amat sangat paling lebih berbahaya daripada situasi apapun yang ada di market.

Kebetulan sekali salah satu system tradingku adalah counter trend trading system yang paling rentan terhadap situasi tersebut yang pernah aku bahas di postinganku “trendnya tidak bengkok-bengkok”…. Counter trend trading system memberikan banyak pelajaran berharga sekaligus membuat MC berkali-kali hehehehe….

Situasi terburuk muncul tidak mengenal waktu bahkan hari yang sepi fundamentalpun tidak luput dari kejadian seperti itu. Hal ini banyak menyengsarakan trader karena trader banyak sekali menggunakan komponen penghitung tingkat overbought/oversell baik itu menggunakan data range , history , indicator maupun komponen lainnya. Dan semuanya terpatahkan………….

Tidak jarang overtrade terjadi disini karena keyakinan yang berlebihan bahwa harga sudah mencapai puncaknya , doubling down adalah komponen utama yang membuat trader ketendang dengan sakit oleh MC. Averaging masih mending namun jika tidak aware nasib yang sama akan membuat overtrade dan MC menghadang….

Situasi seperti itu tidak saja memangsa mereka manual trader , robot-robot pintarpun tidak sedikit yang tergulung badai… meski robot-robot itu mungkin lebih mujur karena setting Drawdownnya memaksa account tsb hengkang dari pasar , bagaimana dengan manual trader?

Besar kemungkinan mereka akan stress setengah mati , pikiran dan anggapan bahwa mereka setidaknya bisa mengambil sedikit keuntungan ketika harga retrace tidak jarang malah memperparah keadaan. Apalagi mereka yang terpancing untuk mengambil keuntungan ganda di retrace atau reversal yang tanpa sadar dikendalikan oleh emosi ketakutan , keserakahan untuk tidak menerima kenyataan kehilangan pada hari itu.

Mereka terpaku oleh teknikal sementara news tidak mereka dengar atau mungkin tidak menyangka karena calendar news tidak menyantumkan…….

Apa jawaban untuk semua itu?
Disiplin dengan MM dan pengalaman.
Sebab tanpa pengalaman anda tidak akan disiplin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar