Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Senin, 02 Maret 2009

Profit datang dari penentuan exit yang tepat…..

Jika kita telah dengan susah payah menentukan titik entry yang tepat dengan penuh kesabaran maka hal itu akan menjadi kurang tepat pemaksimalannya jika titik exit tidak di pertimbangkan dengan baik.

Entry dan exit adalah bagian dari scenario dalam sebuah system trading… dan semua ini wajib di cermati dengan baik berdasarkan rasio risk-rewards yang lebih baik , yang lebih mampu menampung komponen probabilitas dalam dunia trading.

Namun seperti kurang pas jika titik exit ditentukan oleh jumlah point yang statis meski mengacu kepada prosentase risk and reward. Jumlah pips statis untuk menentukan titik exit memang kadang menjadi sebuah titik dilemma tersendiri ketika habit dari ruang gerak sebuah pairs tidak dipahami.

Setiap pairs memiliki habit masing-masing dan senantiasa bersifat dinamis meski dalam sebuah range pergerakan harga yang cenderung tetap dalam masing-masing satuan waktu mereka. Harga asian time market tentunya biasanya akan memiliki range yang lebih kecil dibanding ketika London open terlebih US open. Belum lagi adanya pengaruh fundamental yang terkadang mempengaruhi pergerakan harga dalam beberapa saat keluar dari habitnya.

Namun apakah penentuan tititk exit yang statis mampu menampung semua komponen habit dan kedinamisan market dalam waktu dan kondisi apapun? Tanpa mengurangi makna dari prosentase risk-rewards yang telah ditentukan , saya kira hal ini perlu di jadikan pertimbangan mengingat beda pairs beda habit dan kadang kita menemukan titik entry yang memaksa kita mengubah sedikit prosentase dari risk-rewards yang biasa kita tentukan….karena setidaknya market adalah dinamis , begitu juga jiwa seorang trader seharusnya yang bisa memandang market dan pergerakan harga sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dianalisa , dirancang bangun kemungkinannya serta ikut terjun dalam kemungkinan tersebut. Tentunya lepas dari pengaruh emosi….

Saya jadi teringat petuah dari senior trader ‘ Jika kau belum menemukan titik exit ketika entry maka itu adalah sebuah jaminan bahwa kamu bukanlah trader untuk waktu yang lama”….

Selama bertrading……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar