Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Rabu, 15 April 2009

Wilayah trading…..teknikal dan fundamental

Bagi tehnikal trader mungkin hal-hal yang memusingkan berkaitan dengan news funda yang saban hari muncul tidaklah sesuatu yang dianggap penting karena bagi mereka tidak pernah ada yang tahu harga akan bergerak kemana meski seseorang mendapatkan info level 1 dalam news fundamental.

Seorang teknikal trader mungkin akan lebih peduli dengan hal-hal yang berkaitan dengan range harga , hilo , power market movement atau hal-hal lain yang kental hubungannya dengan teknikal trading seperti garis-garis resistens dan support.

Dan sebagian besar teknikal trader akan lebih suka menghindar bertrading ketika dekat dengan high impact news release hingga beberapa saat news setelah dirilis karena volatillitasnya akan memporak-porandakan perhitungan teknikal mereka. Karena konsep habit yang biasanya berjalan di market secara teknikal biasanya hanya mampu mengadopsi news middle dan low yang tidak terlalu volatile dan masih dalam range pergerakan harian.

Pergerakan harga sendiri menurutku memang memiliki 2 wilayah akibat yaitu :
- Wilayah Teknikal
- Wilayah Fundamental

Wilayah teknikal biasanya terjadi ketika news high impact tidak dirilis misalkan seperti pagi hari WIB hingga London-euro market open ( untuk non jpy ) , sore menjelang asian close dan menuju US market open dan US dying sampe asian open. Wilayah teknikal pergerakan harga lebih dikarenakan sentiment lanjutan dari news yang ada namun sangat terikat erat dengan garis-garis pembatas support dan resistens.

Hal yang berbeda ketika news dirilis , batas-batas support dan resisten mungkin yang berlaku hanya level 3 dan itupun masih dalam kategori mungkin. Batasan range harga bisa jadi tidak berlaku lagi demikian halnya dengan hilo , semua menjadi diluar rules teknikal yang biasa ditetapkan.Bahkan tidak jarang News yang benar-benar kuat seringkali masih berlanjut diarea teknikal misalkan market asian ketika mengadopsi news rilis US time meski batasan R/S memiliki kekuatan untuk membatasi pergerakan harga. Namun jika jpy news mengakomodir US news rilis sebelumnya maka kembali batasan-batasan itu akan dipatahkan.

Jika dalam sehari tidak ada news penting yang dirilis maka wilayah teknikal sangat berperan dalam hari tersebut dan penggunaan peran teknikal trading akan sangat bermanfaat bagi kita untuk mendulang keuntungan karena semua lebih dikarenakan oleh garis-garis resisten dan support.
Sebaiknya memang meski menjadi seorang teknikal trader murni jangan sampe menutup mata terhadap news funda setidaknya ketika news dirilis hingga beberapa saat setelahnya kecuali system trading yang diterapkan sudah mengakomodir kondisional yang biasa tercipta di kondisional high impact news funda rilis. Yang biasanya dilakukan oleh pengikut long term system trading........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar