Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Kamis, 02 April 2009

Mengenal channel...part III

Channel intraday adalah channel yang sering terjadi dibandingkan channel weekly dan banyak dibangun system diatasnya karena intraday adalah kondisional yang banyak di geluti oleh trader dan dilewati oleh banyak system trading .Channel intraday akan lebih jelas terlihat diwilayah 1H hingga 15M dengan menghitung pergerakan harga dalam range waktu 12 jam hingga 1.5 hari….

Ada banyal hal kenapa intraday seringkali terjadi channel namun , sebagian besar mereka berdiri di 2 hal yang mendasar , yaitu :

1. Open market
2. Fundamental

Oleh sebab itulah jika kita mengecilkan chart di range TF tersebut kita akan menemukan chart bergerak bagaikan ular yang melikuk dan likukannya berada pada area waktu tertentu yang berkaitan erat dengan economical event dan market open hour.

Hal ini bagi saya menjadi sesuatu yang patut diperhitungkan dan dipertimbangkan dalam wacana system trading intraday trader karena titik-titik tersebut tidak saja harga melekuk-lekuk namun seringkali dia berputar arah dan bergerak berlawanan sebagai bentuk reversal market. Selain itu hal yang terpenting adalah channel selalu terjadi setiap hari ( intraday hour )… dan probabilitas trend terjadi dalam range channel tsb kurang baik sehingga seringkali open trade kehilangan visinya.
So bukankah itu berarti kita meletakkan trading kita pada posisi yang tidak jelas jika kita trend follower namun melakukan open trade di fase channel intraday?

Channel intraday juga terbukti hebat terhadap Chart Pattern yang seringkali kejelasan bentuknya berada di kondisi yang sama dan MA bisa membantu kita untuk menganalisa lebih jelas sesungguhnya apa yang sedang terjadi.

Market bergerak dengan membawa sebuah alasan , demikian trader melakukan open trade dengan system tradingnya ….jika alasan itu tidak ada maka visi juga tidak ada , jika alasan itu tidak kuat maka visi juga tidak kuat dan probabilitas juga tidak kuat semua ini adalah hukum alam dalam bertrading. Misalkan kita bertrading GU di jam JPY market demikian juga dengan bertrading EU ketika NZD market open maka semua harus ada alasannya…..itu sebabnya system trading jarang yang bisa jalan di semua pairs atau banyak pairs karena masing-masing pairs memiliki habit , demikian dalam dunia channelnya.

Semua kembali ke visi trading masing-masing….. dan channel ( intraday ) adalah lebih dikarenakan oleh kondisi waktu dan waktu adalah komponen penghitung visi target profit, jika target tidak tersentuh dalam satuan waktu tertentu bisa dipastikan bahwa open trade kita akan dan mungkin sudah keluar dari visi . Demikian pula jika trade kita terganjal oleh kondisi channel maka trade kita juga terganjal dalam satuan waktu… dan ini akan menggeser satuan waktu dari target yang telah ditentukan…. Sehingga membuat open trade kita keluar dari jalur dan visi trade kita…. dan close trade adalah yang terbaik apapun hasilnya karena saat itu kondisi sudah lebih berada dalam kondisi untung-untungan alias probabilitas profit 50%. Lalu dimana analisanya jika hal tsb kita pertahankan? Setidaknya itu menurut saya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar