Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Senin, 28 Juli 2008

Saatnya berganti strategy baru....

Tentu kita sudah mendengar ribuan kali kalimat "stick with your strategy".... namun kita jarang mendapatkan kalimat "time to change your strategy". Hmm.... haruskah kita mengganti strategy kita ??

System trading strategy dibangun diatas sebuah persepsi akan kondisi market tertentu dengan alat bantu tertentu pula yang kemudian dirangkai dengan "ubo rampe" money management , entry-exit strategy dan lainnya. Karena merupakan hasil akomodasi kondisi market tertentu maka ada kalanya system trading itu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Lalu perlukah kita segera mengganti system trading kita ? Ataukah menunggu drawdown yang ke 2 ataukah...

Sebuah system strategy yang baik tentulah yang mampu mengakomodir banyak kondisi di market namun dikarenakan system strategy trading membutuhkan banyak filter agar tidak terjadi kebiasan maka mau tidak mau ada kalanya dimana system strategy yang kita gunakan tidak mampu mengakomodir kondisi perubahan pasar.

Banyak para ahli yang menyarankan ketika system trading strategy kita tidak mampu mengakomodir maka sudah waktunya kita untuk berhenti sejenak , atau mengganti pairs yang masih bisa di akomodir dan jika tidak ditemukan yang cocok maka sudah saatnya kita mengganti system trading kita.

Pertanyaannya , perlukah kita mengganti system trading kita?

Hmm... aku pribadi setuju , sebab habit dari kondisi market senantiasa berubah-ubah dan kita tidak bisa berdiam diri sambil menunggu saat yang tepat. Lebih baik kita dari awal menyiapkan berbagai rangkaian system trading strategy, yang sudah kita perkirakan mampu bekerja ketika kondisi pasar tidak dapat diakomodir oleh system trading strategy yang kita handalkan.

Semua itu adalah hukum logis dalam bertrading , system yang baik , ketat dan keluar dari kebiasan akan ada masanya tidak mampu mengakomodir kondisi pasar karena terikat oleh hukum dari filter yang kita gunakan. Dan ada baiknya jika hal ini kita antisipasi , sebab trader adalah masalah waktu....... kita berhenti namun kewajiban tidak sedangkan target selalu membayangi. hiks

2 komentar:

kalipatullah mengatakan...

nice blog bro

Menurut saya sebua strategy yang baik adalah yang mampu bekerja optimal di saat kondisi untuk strategy itu terpenuhi...

kita cuman buatuh 1 kondisi saja di market..dan kita strick with the rule
kebanyakan system jadi failed karena dipaksa untuk bisa aktif disemua kondisi market...Padahal untuk trading for profit kita cuman butuh 1 kondisi saja...

kalaupun kondisi itu munculnya pada bulan ini hanya sekali..yah that's the give from Alloh bro....

Berapapun jumlahan apapun bentuknya...itu dari Alloh bro..yang sedikit dari Alloh itu yang lebih berharga...

Amin ya robbal'alamin

kunfx mengatakan...

Thanks sebelumnya atas kunjungannya...

Betul sekali jika kita hanya butuh 1 kondisi , permasalahan jadi rumit ketika kita ketat terhadap MM namun open entry tidak ada sedangkan waktu terus berjalan.
Padahal... harus bayar ini , bayar itu...he5x

Mungkin perlu dirubah, menjadi stick with rules of system trading strategies... lebih bersifat jamak. CMIIW

Posting Komentar