Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Kamis, 04 Juni 2009

Korelasi pairs part IV ( Korelasi Pergerakan Major Pairs )

Ada seorang teman , suatu saat menyatakan bahwa dia sedang open trade BUY GBP/USD dan SELL EUR/USD... dan dengan antusiasnya dia yakin bahwa profit sedang di depan mata. Dengan optimis , dia menceritakan sisi teknikal analisa entry hingga exit dari signal trading intraday systemnya yang menurutku memang menakjubkan. Namun ada yang sedikit mengganjal , kenapa trade gu dan eu berlawanan arah "buy-sell" tetap dilakukan?

Secara habit Gu dan Eu memiliki kesamaan gerak dalam intraday dan penyimpangan yang terjadi lebih dikarenakan oleh unsur dari EURGBP namun sejauh penyimpangan itu terbentuk dalam intraday tidak sampai membentuk reverse kecuali pada tataran nilai tertentu seperti pengaruh dari fundamental.

Artinya , jika kalkulasi open trade kita bukan berdasarkan fundamental... apakah trade reverse "buy-sell" gu dan eu memiliki kesempatan dan probabilitas yang lebih baek? Meski pada akhirnya akan terdapat sisi hedging mengingat habit mereka thd USD.

Dalam dunia korelasi , USD menjadi target utama sehingga pairs bergerak seirama dan hal ini membuat eu dan gu memiliki pergerakan searah demikian dengan pairs major lainnya. Meski terdapat penyimpangan namun prosentasenya lebih kecil dan lebih dipengaruhi oleh peristiwa fundamental.

Saya kira , pola korelasi pergerakan pairs major ini sangat penting dipahami bagi trading kita khususnya bagi mereka yang trade major lebih dari 1 pairs. Karena trade yang mengalami hedging di pairs major adalah sebuah kerugian meski pada dasarnya dia turut menghambat kerugian namun saya kira hal tsb bukanlah langkah tepat sebagai manajemen resiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar