Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Jumat, 12 Juni 2009

Korelasi pairs part V ( EUR/USD vs USD/CHF )

Sudah bukan rahasia lagi jika eu dan uch adalah pairs yg memiliki korelasi yang sangat kuat , bahkan ada beberapa system trading yang mengeksploitasi kondisi ini mulai dari hanya sekedar mengukurnya dengan menggunakan BB , hedging maupun menghitung perpoint ala mataf.

Pergerakan berlawan arah ini , dikarenakan sama-sama bertarung dengan USD namun berkedudukan posisi berbeda dalam pairsnya jika eu , euro di depan sedangkan uch chf dibelakang. Dan karena memiliki kedekatan dalam banyak hal maka eu dan uch memiliki habit yang sama sehingga bergerak terkorelasi erat dan penyimpangan biasanya terjadi hanya di sisi fundamental.

Pertanyaannya adalah jika kita melakukan transaksi korelasi reverse eu dan uch , buy eu - sell uch atau sebaliknya apakah sebuah langkah yang tepat?

  • Jika transaksi searah buy eu dan buy uch demikian pula sebaliknya sell eu dan sell uch maka akan terjadi hedge ( selama tidak terjadi penyimpangan pergerakan ) dan ini jika dilakukan khususnya dalam jangka pendek maka akan "merugikan" karena potensi profit terpotong meski kerugian turut terjaga.
  • Jika transaksi reverse/berlawanan arah maka ada 2 kemungkinan yaitu untung keduanya atau rugi keduanya.
Saya pribadi lebih suka memilih trading salah satunya mana yang memiliki signal terbaik , hal ini karena trade on direct eu-uch adalah trade untuk jangka panjang yang biasa dilakukan oleh para hedgefund untuk memanage fund mereka dengan memanfaatkan swap sedangkan trade reverse direct adalah tidak beda kita trade double lot.

Dan jika terjadi kesempatan oleh karena masing2 memiliki signal bagus , saya lebih memilih mentransaksikan cross mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar