Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Kamis, 28 Mei 2009

Time Frame Intraday part II ( TF 1H dan MA24 )

Time frame 1H , adalah lebih digunakan untuk menganalisa pergerakan market harian dalam satu minggu. Dari sana jelas tergambar apa yang sedang terjadi ( pergerakan hraga dalam satu hari ) dalam satu minggu kebelakang , jika belum jelas mungkin chart anda perlu di zoom in agar lebih kecil sehingga bar dalam seminggu terlihat semua.

Namun meski demikian , kitapun bisa melihat kondisi market secara keseluruhan dalam sebulan dengan melakukan zoom in terkecil tentunya dengan menggunakan bantuan ZZ atau indi sejenis , yang bekerja menghitung high dan low dalam satuan bar tertentu sehingga kita bisa menemukan bentuk chart pattern secara keseluruhan.

Dikarenakan TF 1H lebih diperuntukan untuk melihat pergerakan harian oleh sebab itu tools yang lebih tepat kita gunakan adalah MA-24 yaitu menghitung pergerakan rata2 bar dalam sehari atau 24 bar.Disana kita akan melihat lebih jelas lagi bagaimana habit market intraday terlewati dan membentuk polanya. Jika ZZ berfungsi untuk membantu kita mereka chart pattern maka MA-24 bekerja untuk memastikan bentuk market "channeling-ranging-trend".

Tidak hanya pola market intraday dan mingguan yang bisa kita tangkap , pergerakan harga dalam sebulan juga bisa kita akomodir sehingga dengan demikian pergerakan harga secara keseluruhan bisa kita cermati tanpa perlu mengganti-ganti TF.

Bagaimana cara kita memanfaatkan TF 1H ini ?
Bagi saya pribadi , saya lebih mengedepankan habit intraday dan pola chart pattern yang terjadi... bagi saya hal itu adalah realitas market yang sebenarnya. Chart Pattern untuk melihat bentuk RS dan psikologi market yang sedang terjadi sedangkan habit market adalah titik-titik dimana chart akan tergambarkan nanti.

Channel-Ranging-Trending adalah pola abadi market , diluar daripada itu adalah turunan. Dengan mengedepankan pola ini kita telah menangkap apa yang terjadi di market secara sederhana , dengan mata telanjang tanpa perlu banyak indi/tools kita bisa melihat secara jelas apa yang sedang terjadi.
Jika kondisi channel maka kita harus menerapkan transaksi kita secara channeling , demikian pula dengan ranging dan trending.

Jika chart pattern sudah kita pola maka tinggal kita perhatikan titik habit-nya dan biasanya hal ini akan selaras dengan news rilis atau fundamental yang ada karena apa yang terjadi pada waktu sebelum medium-high news dirilis adalah salah satu bentuk dari habit market. Permasalahannya , seberapa jauh trader mengenal habit-habit yang ada di market dan kompatibelnya dengan kondisi market yang sedang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar