Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Rabu, 20 Mei 2009

Time Frame Intraday part I

Time Frame Intraday , dimulai dari TF 1H hingga 1M... adalah menjadi wilayah yang paling digandrungi jutaan trader di seluruh dunia dan menghasilkan ribuan system trading yang beraneka ragam.

Time Frame Intraday , secara otomatis akan memberikan kita informasi bentuk-bentuk habit yang terjadi dalam market harian demikian pula dengan TF yang lebih besar TF 4H ( mingguan ) , TF 1D ( bulanan ).Time Frame berfungsi tidak jauh beda dengan indikator sebagai alat bantu dan bersifat parsial oleh sebab sebaiknya kita tidak terpacu dalam time framenya melainkan kepada habit market apa yang akan lihat dari time frame tersebut.

Habit market intraday , biasanya sangat dipengaruhi oleh open market.. dimana seringkali kondisi yang terbentuk adalah sideway menjelang pembukaannya meski kadang pra open market trend juga terjadi. Hal ini akan terlihat jelas pada bentuk bar pada TF 1H yang berbentuk bar doji cs atau range kecil. Sedangkan penggunaan channel sebagai media pendeteksi sideway/channeling/consolidate market tentu tidak tepat digunakan pada time frame ini.

TF intraday adalah satu kesatuan gerak Time Frame 1M hingga 1H , mereka simultan saling mempengaruhi berbeda dengan TF yang lebih besar karena habit TF intraday berbeda dengan habit TF besar meski secara keseluruhan hasil dari TF besar adalah hasil pergerakan dari TF 1M hingga 1H.

Karena memiliki perbedaan habit maka cara memandang kita harus berbeda antara TF intraday dan TF yang lebih besar sebab habit-habit dari TF intraday tidak semuanya masuk dalam wilayah pertimbangan dalam melihat TF yang lebih besar.Habit yang terjadi dalam time frame 4H ( mingguan ) berbeda dengan habit intraday dimana komponen habit pra-open,dying hingga close market biasanya tidak masuk dalam perincian di TF 4H.

System trading , menurut saya sebaiknya mengakomodir hal ini... menggunakan Time Frame sebagai landasan kedua bersamaan dengan indi setelah ditentukannya habit market yang akan digunakan. Khususnya intraday system trading , TF 1H akan menjadi acuan utama... sebagai kerangka utama system trading yang kemudian mengalami pengkonfirmasian dari TF yang lebih kecil namun ini bukan berarti kita menafikan TF diatasnya sebab fungsi RS TF diatasnya sangat dominan.

TF 1H akan memberikan view kepada kita apakah trading intraday saat ini sedang dalam kondisi trending? ataukah ranging bahkan channeling... Dengan demikian dari awal kita sudah memiliki gambaran kondisi market seperti apa dan tentunya dengan demikian kita tinggal menyesuaikan indi yang digunakan oleh system trading kita. Apakah cocok dengan kondisi market saat ini , jika iya kapan kita akan bertransaksi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar