Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Selasa, 05 Mei 2009

Mengenal channel...part V - zigzag

Zigzag , adalah indi favorite bagiku... karena zigzag sangat membantu dalam rangka mengenali bentuk chart pattern yang telah terbentuk. Swing harga akan ditarik sebuah garis lurus pada hilonya yang kemudian dipatahkan dengan garis lurus yang lebih baru pada hilo yang terbaru pula.

Zigzag , sepintas hanya garis patah-patah semata namun sesungguhnya memiliki banyak arti dan dari sana banyak menumbuhkan visi dari banyak system trading. Antara lain adalah dalam mencermati chart pattern yang terjadi... konsep-konsep seperti doble bottom , sideway dan trending termasuk ranging terlihat semua dengan jelas melalui bantuan zigzag.

Visi zigzag adalah menghitung kedalaman bar dan menentukan garis swing yang terjadi dengan menggambar garis pada hilonya... bergantung settingan bar yang ditentukan dalam tab parameternya , standart 12 dan penggunaan terbaik menurutku adalah 1h. Hal ini lebih dikarenakan satu hari ada 24 jam sehingga dengan settingan 12 maka kita bisa mengukur dan mengamati apa yang terjadi dalam per 12 jam selain itu bertepatan dengan session market asian dan us.

Zigzag dalam penentuan swing memiliki kesamaan dengan fibo yang membedakan hanya dalam hal kekhususan fungsi dimana fibo lebih ke pengukuran tahap berikutnya dari swing yang telah terbentuk sedangkan zigzag lebih ke pembentukan pola market yang terlihat dalam chart yang jika kita kombinasikan dengan TL maupun HL maka keseluruhan chart pattern ada disana.

Zigzag sangat tepat jika kita gunakan sebagai pengidentifikasi channel...dimana dengan zigzag kita bisa dengan mudah menemukan titik swing terakhir yang masih dalam range swing sebelumnya. Dimana titik tested channel , titik entry termasuk titik breakoutnya.

Bergeser fungsi zigzag juga bisa digunakan untuk mengukur kedalaman retracement atau cikal bakal terjadinya reversal meski fungsi ini lebih tepat menggunakan fibo. Hanya karena butuh kebiasaan , mungkin sebaiknya lebih dahulu familiar dengan fibo sebelum memutuskan mencopotnya agar chat lebih bersih.

Titik golden rasio zigzag berada di titik tengah yang membagi garis swing zigzag sama seperti fibo dan hukum-hukum yang dibawanyapun memiliki kesamaan dengan fibo , mungkin yang membedakan hanya masalah penilaian semata. Dimana menurut fibo harga yang retrace sell di 50% dianggap titik harga yang sudah dianggap murah dan jika dibawahnya maka termasuk terlalu murah.

Berlainan dengan zigzag dimana jika harga tidak mampu menembus golden rasionya maka menunjukkan market sedang trend , jika menembus 50% namun tidak mampu menjebol hilo 0-100% maka disebut channel dan jika menembus 50% kemudian harga kembali dan breakout namun masuk dalam range kembali maka disebut ranging.

Visi zigzag adalah menggambarkan potensi price cycle yang sedang terjadi channel/ sideway ( konfirmasi) - ranging trend ( penyimpangan ) - trend
dengan demikian diharapkan kita bisa arif dalam menentukan pilihan entry , jika kondisi channeling tentu kita akan menggunakan system yang mengadopsi akan hal tersebut demikian pula jika ranging ataupun trending.

Dengan demikian Zigzag adalah filter bagi kita untuk menentukan kapan menggunakan system trading yang terbaik sesuai kondisi pasar. Setidaknya dengan zigzag kita lebih informatif dan realistis dalam memaksimalkan fungsi tools trading kita , kesalahan ataupun mis-informasi terhadap kemampuan maksimal system trading kita bisa lebih di minimalisir... dan membuat chart menjadi lebih bersih , setidaknya itu bagi saya pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar