Powered By
widgetmate.com
Sponsored By
Digital Camera

Rabu, 01 Juli 2009

Mengenal channel...part VI - channel habit

Untuk mendeteksi channel alat yang paling powerfull adalah zigzag dan horisontal line/HL bisa juga ditambah MA dimana dengan cukup mengamati pergerakan bar tidak mampu menembus RS dari HL tsb maka bisa dipastikan kondisi market adalah channel. Namun ada metoda lain yang juga powerfull bagiku dalam mendeteksi channel bahkan bisa dibilang leading yang dikenal dengan habit channel mingguan.

Berdasarkan habit , trend harian seringkali mengalami yang disebut channel/sideway mingguan dimana channel terbentuk dalam salah satu hari dalam seminggu. Bisa jadi terjadi pada awal hari bisa jadi terbentuk pada selasa , rabu atau kamis juga jumat. Dan ada kebiasaan market dimana jika terjadi trend pada 2 hari sebelumnya ( kadang 3 hari ) maka keesokan harinya akan mengalami channeling.

Saya pribadi memasukkan habit ini sebagai pertimbangan utama dan sangat membantu dalam mengambil keputusan dalam bertradingku tentu saja disempurnakan dengan pertimbangan yang lainnya. Jika anda pemain averaging , hal ini bisa dijadikan pertimbangan untuk kapan mulai dilakukan averaging termasuk mereka pemain counter trend atau pencuri pullback trend movement.... so far rasio 20% pullback bisa kita manfaatkan dan memiliki probabilitas besar.

Habit channeling ini bisa jadi sekedar istirahat sejenak perjalanan trend sebelum melanjutkan trendnya namun bisa jadi merupakan reversal atau menjadikan channel dalam time frame yang lebih besar... so pertimbangan yang lebih menyeluruh sangat diperlukan. Namun saya kira pemanfaatan ala averaging , counter trend , pullback-stealer bisa dikatakan lebih tepat atau sekedar pelengkap pertimbangan dari system trading yang anda gunakan selama ini.

Yang perlu diingat adalah semua ini hanya habit dan suatu saat bisa mengalami pengecualian oleh sebab itu bijaksanalah dalam bertrading. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar